Sejarah Singkat Masjid Nabawi

Masjid Nabawi - Dalam pembahasan artikel kali ini saya akan membahas tentang Masjid Nabawi, kalau berbicara Masjid Nabawi kita jadi teringat Nabi Muhammad SAW karena apa? Karena disinilah beliau dan para Sahabat dimakamkan. Sebelum Nabi Muhammad meninggal yang beliau risaukan hanya kita sebagai umatnya sungguh besar kecintaan Rasulullah SAW kepada kita. Semoga solawat dan salam selalu kita bacakan untuk beliau karena beliau sangat bangga terhadap umatnya yang sering bersolawat untuk nabi.


Untuk itulah mari kita perbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, Selain merupakan bukti kecintaan kita kepada nabi, shalawat juga merupakan ibadah kepada Allah SWT karena Allah SWT dana para Malaikat pun bersolawat kepada Nabi seperti yang terdapat dalam Alquran

Allah Ta'ala berfirman: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya" (al-Ahzab: 56) 

Dari Abdullah bin 'Amr bin al-'Ash radhiallahu 'anhuma bahwasanya ia mendengar Rasulullah s.a.w, bersabda: "Barangsiapa yang membaca shalawat kepadaku sekali shalawat, maka Allah akan memberikan kerahmatan padanya sepuluh kali dengan sebab sekali shalawat tadi." (Riwayat Muslim)

Dari sedikit keterangan diatas mudah-mudahan kita selalu bershalawt kepada Nabi tercinta kita Nabi Muhammad SAW. Maaf yah teman-teman jadi kampanye shalawat judulnya Masjid Nabawi eh isinya malah kampanye shalawat, Habis gimana lagi asli jadi sedih sama teringat. Sekali lagi semoga Allah SWT memberikan kemuliaan dan keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarganya. Amiin...

Sejarah Masjid Nabawi - Masjid Nabawi adalah masjid kedua yang dibangun oleh Rasulullah saw., setelah Masjid Quba yang didirikan dalam perjalanan hijrah beliau dari Mekkah ke Madinah. Masjid Nabawi dibangun sejak saat-saat pertama Rasulullah saw tiba di Madinah, Masjid Nabawi dibangun dimana unta tunggangan Nabi saw menghentikan perjalanannya. Lokasi itu semula adalah tempat penjemuran buah kurma milik anak yatim dua bersaudara Sahl dan Suhail bin ‘Amr, yang kemudian dibeli oleh Rasulullah saw untuk dibangunkan masjid.

Masjid Nabawi


Masjid Nabawi adalah Masjid yang terindah  di dunia setelah masjidil Haram. Masjid Nabawi ini mempunyai keutamaan yang besar setelah masjidil Haram. Karena, Satu kali shalat di masjid ini, lebih besar pahalanya seribu kali shalat di masjid yang lain, kecuali di Masjidil Haram. Dan satu kali salat di Masjidil Haram lebih utama dari seratus ribu kali salat di masjid lainnya. Di masjid yang indah inilah Rasulullah di makamkan.

Raudoh - Salah satu bagian Masjid Nabawi terkenal dengan sebutan Raudlah atau taman surga. Doa-doa yang dipanjatkan di Raudlah ini diyakini akan dikabulkan oleh Allah swt. Raudlah terletak di antara mimbar dengan makam Rasulullah saw. Rasulullah menerangkan tentang keutamaan raudhah

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Antara rumahku dan mimbarku terdapat taman di antara taman-taman surga. Dan mimbarku di atas telagaku.” (HR. Bukhari).

Jadi kalau teman-teman pergi naik haji atau umroh dan berziarah ke makam nabi jangan lupa berdoa di Raudoh yah yang Insya Allah mudah-mudahan do'anya terkabulkan, Di area mesjid Nabawi juga terdapat pemakaman para Sahabat Rasulullah SAW dan semoga Allah SWT memuliakan para sahabat nabi atas segala pengorbanan dan perjuangan dalam menyebarkan agama Islam. Amiin..

Sekian Pembahasan singkat saya mengenai Masjid Nabawi semoga bermanfaat untuk kita semua.