Pengetian Sejarah Menurut Para Tokoh

Dalam postingan kali ini admin akan menjelaskan tentang pengetian sejarah yang pembahasannya meliputi arti kata, asal usul kata sejarah dan sejarah menurut para ahli. Menurut sebagian orang mata pelajaran sejarah adalah mata pelajaran yang membosankan karena terus bercerita tentang masa lalu, ada yang bilang ngantuk lah, malas lah dan sebagainya kalau sedang menyimak pelajaran sejarah. Tapi jangan salah yah teman-teman mempelajari sejarah itu sangat banyak manfaatnya terutama dalam melakukan atau mengambil keputusan agar keputusan yang kita ambil tidak salah atau tidak mengambil keputusan yang jelas-jelas salah yang pernah dilakukan oleh orang-orang terdahulu.

pengertian sejarah

Pengetian Sejarah

Tidak semua peristiwa masa lalu merupakan peristiwa sejarah. Proses perkembangan alam semesta yang telah berlalau, Seperti terjadinya gunung berapi, bukanlah suatu peristiwa sejarah. Sejarah adalah ilmu tentang manusia. Objek kajian sejarah adalah manusia bukan hewan, tumbuhan, atau alam semesta berserta isinya. Sejarah bisanya di definisikan sebagai suatu studi tentang masa lampau. Hal penting bagi sejarawan adalah menyakinkan apa yang ditulisnya benar.

Kata sejarah berasal dari bahasa arab, yaitu syajaratun. Kata syjarotun mengandung arti pohon. Makana kata pohon pada masa lalu biasanya di hubung-hubungkan dengan keturunan, atau asal usul keluarga raja, atau dinasti tertentu. Apabila kita melihat gambaran silsilah raja-raja atau dinasti, gambaran itu akan terlihat seperti pohon terbalik. Cerita tentang silsilah raja-raja dan dinasti ini merupakan elemen utama dalam kisah sejarah pada masa awal. Seiring dengan perkembangan zaman, cerita yang disajikan sebagai kisah sejarah tidak hanya kisah kehidupan istana saja, tetapi juga kisah diluar istana. Meskipun begitu, istilah yang digunakan tetap sejarah.

Dalam khasanah bahasa indonesia, sejarah setidaknya mengandung tiga pengetian, Pertama, sejarah adalah silsilah atau asal usul, Kedua, sejarah adalah kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau, Ketiga, sejarah adalah ilmu, pengetahuan, dan cerita pelajaran tentang kejadian.

Sejarah Menurut Para Tokoh

Aristoteles- Aristoteles  melihat bahwa sejarah berbeda denga puisi dan filsafat. Baginya sejarah berhubungan dengan hal-hal partikular dan hal-hal aktual yang sudah terjadi.

Vico- Dalam pandangan vico sejarah adalah disiplin ilmu pertama manusia. Menurutnya manusia hanya dapat mengerti apa yang sudah dibuatnya sendiri. Sejarah menjadi pusat pengetian manusia karena manusialah yang menciptakan sejarah.

Collingwood- Sejarah merupakan ilmu yang menaruh pehatian terhadap tindakan manusia pada masa lampau.

Mohammad Ali- Mohammad ali menyatakan bahwa sejarah adalah proses perubahan, kejadian, dan peristiwa yang ada di sekitar kita.

Demikian Pembahasan mengenai pengertian sejarah semoga bermanfaat.