Sejarah Kerajaan Kutai Dari Awal Berdiri Sampai Masa Keruntuhannya

Dalam pembahasan kali ini admin akan membahas tentang Sejarah Kerajan Kutai. Tau kan Kerajaan Kutai ? itu lho kerajaan tertua yang ada di indonesia, atau kerajaan pertama yang ada di indonesia. bagi teman-teman yang sedang mencari informasi tentang sejarah kerajaan kutai simak artikel dari kami ini, Semoga bermanfaat yah..

Sejarah Berdirinya Kerajaan Kutai (Kutai Martadipura)

Kerajaan Kutai di perkirakan berdiri pada abad ke-4, Bukti dari pernah berdirinya kerajaan kutai tersebut adalah dengan ditemukannya sebuah prasasti Yupa dimana dalam prasasti tersebut menerangkan tentang pernah berdirinya suatu kerajaan yang bernama Kerajaan Kutai. Prasasti yupa ditulis dalam huruf Pallawa dan berbahasa Sanskerta. Memang dalam isi prasasti tersebut tidak tercatat atau tidak dicantumkannya tahun pembuatan prasati tersebut tetapi dengan mengamati bentuk hurufnya, para ahli memperkirakan Yupa-yupa tersebut berasal dari abad ke-44 Masehi.

Kerajaan Kutai

Memang para ahli sejarah tidak menemukan banyak informasi mengenai keberadaan kerajaan kutai dan hanya 7 prasati Yupa itulah yang menjadi sumbernya. Prasasti Yupa adalah tugu batu yang berfungsi sebagai tugu peringatan yang dibuat oleh para Brahmana atas kedermawanan Raja Mulawarman.

Ada tujuh buah yupa yang menjadi sumber utama bagi para ahli dalam menginterpretasikan sejarah Kerajaan Kutai. Dari salah satu yupa tersebut diketahui bahwa raja yang memerintah kerajaan Kutai saat itu adalah Mulawarman. Namanya dicatat dalam yupa karena kedermawanannya menyedekahkan 20.000 ekor sapi kepada kaum brahmana.

Isi Prasati yupa:

" śrīmatah śrī-narendrasya; kuṇḍuṅgasya mahātmanaḥ; putro śvavarmmo vikhyātah; vaṅśakarttā yathāṅśumān; tasya putrā mahātmānaḥ; trayas traya ivāgnayaḥ; teṣān trayāṇām pravaraḥ; tapo-bala-damānvitaḥ; śrī mūlavarmmā rājendro; yaṣṭvā bahusuvarṇnakam; tasya yajñasya yūpo ‘yam; dvijendrais samprakalpitaḥ "

Artinya:

Sang Mahārāja Kundungga, yang amat mulia, mempunyai putra yang mashur, Sang Aśwawarmman namanya, yang seperti Angśuman (dewa Matahari) menumbuhkan keluarga yang sangat mulia. Sang Aśwawarmman mempunyai putra tiga, seperti api (yang suci). Yang terkemuka dari ketiga putra itu ialah Sang Mūlawarmman, raja yang berperadaban baik, kuat, dan kuasa. Sang Mūlawarmman telah mengadakan kenduri (selamatan yang dinamakan) emas-amat-banyak. Untuk peringatan kenduri (selamatan) itulah tugu batu ini didirikan oleh para brahmana.

Dari prasasti tersebut terungkaplah bahwa pendiri kerajaan kutai adalah Maha Raja Kundungga dan dilanjutkan oleh anaknya yang bernama Aswawarman, Kemudian dilanjutkan lagi oleh Mulawarman anak dari Aswawarman sekaligus cucu dari Maha Raja Kundungga.

Kerajaan Kutai Martadipura adalah kerajaan yang diperkirakan berdiri pada abad ke-4. Kerajaan kutai bercorak Hindu dan kerajaan ini terletak di Muara Kaman, Kalimantan Timur, tepatnya di hulu sungai Mahakam. Nama Kutai sediri diberikan oleh para ahli sejarah berdasarkan tempat atau lokasi penemuan prasasti tersebut.

Masa Kejayaan Kerajaan Kutai

Menurut prasasti yupa masa kejayaan kerajaan kutai adalah pada masa pemerintahan Raja Mulawarman. Pada waktu itu wilayah kerajaan kutai hampir meliputi seluruh wilayah kalimatan timur dan rakyatnya pun hidup dalam kemakuran.

Keruntuhan Kerajaan Kutai

Pada Awal abad ke-13 berdirilah sebuah kerajaan baru yang bernama Kerajaan Kutai Kartanegara dengan raja yang pertama yang bernama Aji Batara Agung Dewa Sakti. Lokasi kerajaan ini terletak di Tepian Batu atau Kutai Lama.

Dengan adanya dua kerajaan di kawasan sungai mahakam ini tentunya menimbulkan friksi diantara keduanya. Pada abad ke-16 meletuslah peperangan diantar kedua kerajaan kutai ini. Kerajaan kutai martadipura dibawah pimpinan rajanya Aji Pangeran Sinum Panji Mendapa akhirnya berhasil menaklukan Kerajaan Kutai Martadipura.

Kerajaan Kutai berakhir saat Raja Kutai yang bernama Maharaja Dharma Setia tewas dalam peperangan di tangan Raja Kutai Kartanegara ke-13, Aji Pangeran Anum Panji Mendapa. Raja kemudian menamakan kerajaannya menjadi Kerajaan kutai Kartanegara Ing martadipura.

Raja-raja Kerajaan Kutai

Berikut adalah daftar nama-nama raja yang pernah memimpin kerajaan kutai

    Maharaja Kudungga, gelar anumerta Dewawarman (pendiri)
    Maharaja Aswawarman (anak Kundungga)
    Maharaja Mulawarman (anak Aswawarman)
    Maharaja Marawijaya Warman
    Maharaja Gajayana Warman
    Maharaja Tungga Warman
    Maharaja Jayanaga Warman
    Maharaja Nalasinga Warman
    Maharaja Nala Parana Tungga
    Maharaja Gadingga Warman Dewa
    Maharaja Indra Warman Dewa
    Maharaja Sangga Warman Dewa
    Maharaja Candrawarman
    Maharaja Sri Langka Dewa
    Maharaja Guna Parana Dewa
    Maharaja Wijaya Warman
    Maharaja Sri Aji Dewa
    Maharaja Mulia Putera
    Maharaja Nala Pandita
    Maharaja Indra Paruta Dewa
    Maharaja Dharma Setia

Demikian pembahasan dari kami mengenai sejarah Kerajaan Kutai, Semoga bermanfaat dan bisa menjadi refrensi anda. Terimakasih.